Manusia Rentan Sombong : Ini 3 Tips untuk Mengatasinya

02 Jun, 2019

"As long as you are proud, you cannot know God." CS Lewis

Menjadi manusia memang banyak godaanya. Ada saja yang menggoda entah itu harta, tahta maupun pria atau wanita tampan di depan mata. Tak dipungkiri, kita masih berada di dunia. Surganya dunia ingin dinikmati, namun sayang sikap sombong pun rentan menghampiri manusia ketika sudah meraih apa yang diingini. Bahkan yang belum bisa meraihnya pun, terkadang sombong juga.

Sadar atau tidak, kita dapat menjadi sombong dengan apa yang kita miliki misalkan harta, kecerdasan, jabatan bahkan pencapaian seperti berhasil menikah dengan pujaan hati dan hidup bahagia. Bahkan kita juga sombong terhadap apa yang belum kita miliki ditandai dengan sikap mengandalkan diri sendiri dalam mencapai sesuatu. Tuhan dikesampingkan dulu dalam meraih apa yang diingini. Hal itu, tentu tak bisa dibiarkan. Ada solusi yang perlu kita terapkan agar tidak sombong, melainkan hidup rendah hati seperti telah yang telah diberikan oleh Tuhan Yesus. Bagaimana caranya mengatasi sikap manusia yang rentan sombong, ini 3 tipsnya :

1. Kenali Tuhan Yesus & Roh Kudus
Tuhan Yesus terkenal dengan kerendahan hati-Nya (Filipi 2:8) demikian juga Roh Kudus terkenal dengan kekuatan-Nya yang mampu mengubahkan setiap karakter manusia. Semakin kita mengenal Tuhan Yesus secara mutlak kita semakin rendah hati, asal kita mau dibentuk melalui proses kehidupan dan belajar taat. Yang mengaku kenal Tuhan Yesus, pasti hidup dalam kerendahan hati. Kalaupun ada sifat sombong yang muncul, akan berjuang melawan dengan kekuatan Roh Kudus.

2. Kenali Diri Sendiri
Siapa kita (Mazmur 8:5), berhak sombong? Kita milik-Nya dan apapun yang kita miliki adalah dari Tuhan. Semuanya milik-Nya, semuanya dari-Nya. Kenali diri kita di hadapanNya, kita ini ciptaan bukan Pencipta. Yes, kita berharga dan sempurna di mata-Nya tetapi kita tak lebih berharga dan sempurna daripada manusia lainnya. Stop melebih-lebihkan diri sendiri, semua punya potensi, semua dikasihi oleh Tuhan. Berapapun Outfit of The Day (OOTD) mu hari ini, tidak mempengaruhi hati Tuhan. Tetapi, ada kah kita memiliki kerendahan hati? Itu yang Tuhan yang cari. Jesus shows favor for the humble (James 4:6 NIV)

3. Kenali Sesama
Seperti pada poin 2, kita sama-sama berharga di mata-Nya. Sesama manusia dilarang saling sombong, tugas kita saling mengasihi (Roma 12:10). Kita membutuhkan bantuan orang lain. So, sebagai anak Tuhan jangan sombong, melainkan saling rendah hati. Ingatlah bahwa kita juga dapat belajar dari orang yang paling hina sekalipun, bukankah manusia menajamkan manusia (Amsal 27:17 b).

Yesus itu rendah hati, kita juga kan?