THE YEAR OF INTEGRITY

11 Jan, 2021

Bahan Bacaan 

Mazmur 24:3-5 

Penjelasan Materi  

Youthers, pesan Tuhan melalui Gembala Pembina kita menyatakan bahwa Tahun 2021 adalah Tahun  Integritas (The Year of Integrity).  

Apa sih integritas itu? Menurut KBBI online, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang  menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan  kewibawaan, kejujuran. Dengan kata lain, integritas adalah apa yang dipikirkan dan apa yang dikatakan  itu harus sama dengan apa yang dilakukan. Pribadi yang berintegritas adalah mereka yang hidup dalam  kejujuran, ketulusan dan prinsip moral yang tidak goyah, berabi berbuat, berani bertanggungjawab dan  berani menggenapi apa yang telah dijanjikanya. Youthers, dari pengertian ini, kita dapat bertanya pada diri  kita sendiri, sudahkah kita memiki karakter yang berintegritas dala kehidupan kita sehari-hari, di sekolah?  Di kantor? Di rumah? Di lingkungan tenpat tinggal kita? 

Youthers, dalam bahan bacaan kita hari ini di Mazmur 24:3-5, ”Siapakah yang boleh naik ke atas gunung  TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?” ”Orang yang bersih tangannya dan murni  hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan  menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia. Kita mendapat satu  pengertian bahwa orang Kristen yang berintegritas adalah orang yang hidupnya tidak bercela di hadapan  Allah, yang bersih kelakuannya. Integritas tidak berbicara dalam satu aspek saja, namun menyeluruh  dalam aspek keberadaan kita di manapun dan kapanpun. 

Di sinilah kita dapat melihat diri kita dan orang Kristen lainnya yang kita kenal, apakah dia punya  integritas atau tidak, mudah saja, perhatikan konsistensi dalam setiap aspek hidupnya, dalam setiap  kondisi apapun, ketika di depan publik atau jemaat, ketika di tengah keluarga bahkan ketika sedang  sendirian apakah dia tetap menjadi orang sama? Apakah saat di atas mimbar dan di bawah mimbar, tetap  menunjukkan karekter yang sama? 

Youthers, mungkin, di tahun-tahun lalu, banyak di antara kita kehilangan inetgritas, tidak hidup dalam  prinsip kebenaran Firman Tuhan, tapi marilah di Tahun yang baru ini, Tahun 2021, kita melatih karakter  kita agar memiliki integritas yang kuat dalam menjalani kehidupan kita di sepanjang tahun ini. Yesus  Kristus adalah teladan terbaik, untuk kita belajar memiliki karakter yang berintegritas.  

Bahan diskusi: Kenalilah karekter diri kita, sebutkan ciri-ciri sikap buruk dan baik yang melekat dalam  diri kita. Apakah kita memiliki ciri-ciri pribadi yang berintegritas?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto