TUHAN MENGENAL KITA SATU PER SATU

20 Jun, 2022

Bahan Bacaan :
Mazmur 139:1b, "TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku"

Penjelasan Materi :
Teams, Alkitab menceritakan mengenai salah 1 murid Yesus yang bernama Simon Petrus. Awal namanya adalah Simon. Setelah bertemu Yesus, kemudian ditambahkan nama Petrus. Petrus adalah terjemahan Yunani dari kata Kefas - bahasa Aram- yang artinya batu padas, batu karang. Simon Petrus dilahirkan di Betsaida. Andreas lah yang membawa dan memperkenalkan Simon yang notabennya adalah seorang kepada Yesus (Yohanes 1:40-42).

Seperti yang kita tahu, Karakter Simon Petrus itu Penuh Semangat, cepat mengaku, cepat pula mengingkari. Simon Petrus terkenal dengan karakternya cepat berbicara tanpa berpikir panjang, dan terlalu cepat juga mengingkari (Matius 26:75; Markus 14:72; Lukas 22:61). Teams, keadaan sekitar kita bisa saja menekan dan nyaris membuat kita menyangkali iman kepercayaan kita sebagai umat kristiani, apalagi kita sebagai remaja Kristen yang hidup ada di zaman ini, ada begitu banyak cobaan yang datang menghampiri kita. Petrus pernah gagal dan berkhianat kepada Yesus, tetapi pada akhirnya dia menyadari kekeliruannya dan memohon ampun kepada Tuhan.

Teams, kita bisa belajar lewat kehidupan Petrus, bahwa Tuhan mengenal karakter & pribadi Simon Petrus dan juga semua murid-muridNya, termasuk kita. Dalam Yesaya 29 yang juga menggambarkan betapa Tuhan sungguh mengetahui kita, karena kita adalah ciptaanNya sendiri.

Kita tentu tidak meragukan bahwa orang tua kita di dunia mengenal kita secara pribadi dan mendalam. Kalau orang tua di dunia saja demikian, apalagi Bapa di Surga. Tuhan sungguh mengenal kita dengan baik, dan Dia sungguh peduli. Ketika tidak ada orang mengerti, ada Tuhan yang mengerti. Ketika tidak ada yang peduli, Tuhan selalu peduli. Allah mengerti dan Dia peduli. Ketika tidak ada yang mau mengenal kita lebih jauh, Tuhan sudah mengenal kita bahkan lebih dari kita mengenal diri kita sendiri. Dia tahu apa yang terbaik untuk kita, Dia selalu berada bersama kita baik dalam suka maupun duka, menjaga kita senantiasa dan akan terus memberi kekuatan apabila kita masih harus berada buat sementara waktu dalam situasi yang sulit. Dia mengenal pribadi kita lebih dari siapapun, Dia tahu apa yang kita butuhkan, Dia tahu dimana kelemahan kita dan akan dengan senang hati memberitahukan langkah agar kita bisa kembali bangkit dan bersinar, tepat seperti yang diinginkanNya.
Jadi Teams, jika Tuhan sudah bersikap seperti itu, mari kita terus membangun hubungan yang lebih erat lagi dengan Tuhan. Kenali Dia lebih dan lebih lagi, mengertilah akan ketetapan-ketetapan dan perintah perintahNya, jangan langgar, lalu ketahui pula semua janji-janjiNya, anugerah dan karuniaNya dan mengucap syukurlah. Sebuah hubungan akan terbangun dengan baik apabila kedua belah pihak saling kenal dengan baik. Tuhan sudah mengenal kita. Dia peduli, Dia mengasihi kita. Kini saatnya kita menunjukkan hal yang sama kepadaNya. (HE)

Bahan Diskusi:
Apakah selama ini kita sadar bahwa DIA mengenal kita satu per satu? Apakah kita masih terus membangun hubungan yang lebih erat lagi dengan Tuhan?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto