SUPLEMEN COOL YOUTH BULAN FEBRUARI 2017 #3

16 Feb, 2017

KITA DIBERI KUNCI KERAJAAN SORGA

Bahan Bacaan
Matius 16:15-16, “Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup! Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Penjelasan Materi
Youthers, dalam perikop ini Petrus mendapat pewahyuan tentang siapa itu Yesus. Yesus bukan hanya seorang Anak tukang kayu, bukan hanya seorang manusia biasa, tetapi Ia adalah Firman yang menjelma sebagai manusia. Yesus yang mati di atas kayu salib adalah Allah yang menjadi manusia.

Perhatikan 16:18, “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” Youthers, dari ayat ini, kita harus pahami bahwasannya semua gereja yang lahir di muka bumi ini, itu semua karena Tuhan kita Yesus Kristus. Sebagai orang percaya, kita juga adalah “gereja” yang kita lahir karena Tuhan Yesus Kristus dan alam maut tidak akan menguasai kita. Pada ayat yang selanjutnya dikatakan, “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” (16:19). Itu artinya Petrus dan kita semua sudah diberikan kunci Kerajaan Sorga oleh Tuhan, dan apa yang kita ikat di dunia akan terikat di sorga dan apa yang kita lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Dari hal ini, kita harusnya mendapat sebuah pengertian bahwasanya bukan sorga yang harus ikuti apa yang kita mau, melainkan kita yang harus lakukan apa yang sorga mau.

Youthers, mari kita ingat kisah dalam Kisah Rasul 3. Diceritakan saat Petrus dan Yohanes pergi ke Gerbang Indah sewaktu hendak ke Bait Allah, ada orang lumpuh di sana dan berharap diberikan sesuatu oleh dua orang ini, tetapi Petrus berkata di ayat 6, “Emas dan Perak tidak ada padaku, tapi apa yang aku miliki, demi nama Yesus orang Nazaret berdiri dan berjalanlah”. Itu Artinya, ketika Petrus bertemu dengan orang lumpuh ini, ia tahu apa yang Sorga putuskan untuk orang lumpuh ini. Petrus tahu karena ia “pegang kunci”. Ia tahu bahwa sorga akan menyembuhkan orang ini, maka kesembuhan terjadi.

Mungkin kita bertanya, bagaimana caranya? Jawabannya yaitu kita harus punya kunci Kerajaan Sorga. Apa itu kunci Kerajaan sorga? Doa, pujian dan penyembahan adalah kunci untuk membuka pintu sorga. Ya, ini bicara soal restorasi Pondok Daud. Waktu pintu Sorga terbuka, hadirat dan kemuliaan Tuhan turun, sehingga akan terjadi keselamatan, kesembuhan dan mujizat bagi kita.

Youthers, kita adalah gereja yang dibangun di atas batu karang. Jika kita telah diberikan kunci Kerajaan Sorga, artinya tidak ada yang mustahil bagi kita waktu kita berdoa, memuji dan menyembah Tuhan. Jadilah orang-orang yang naik ke atas gunungnya Tuhan, yang berdiri di atas tempatnya yang kudus. Orang yang bersih tangannya, murni hatinya yang tidak menipu dan bersumpah palsu.

Youthers, mari kita periksa baik-baik hati kita. Sudahkah kita berusaha untuk benar di hadapan Tuhan? Mari kita belajar untuk percaya bahwa saat kita menyembah dan memuji Tuhan, kita sedang membuka pintu sorga. Apa saja yang kita doakan pasti akan terjadi. Kita harus tahu apa yang Tuhan putuskan untuk setiap kita semua. Pujian, penyembahan akan membuat hadirat Tuhan turun, percaya bahwa mujizat kesembuhan akan terjadi. Pujian penyembahan kita akan merubah segalanya. Mungkin hari ini kita menghadapi keadaan yang sulit, situasi yang rasanya tidak ada jalan keluar, tetapi ketika kita melihat. Ketika kita menyembah Tuhan, maka Dia akan lakukan segala sesuatunya untuk kita. Iman kita merubah semuanya, iman kita akan menggerakkan Dia melakukan mujizat.

GBI Jalan Jend Gatot Subroto